Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2014

FTV: Ayam Karamel Pembawa Cinta

Hari Jum'at minggu lalu, FTV yang ide ceritanya dari gue yang judulnya Balada Cinta Si Ahli Bekam tayang, sorry nggak gue posting di mari, huehue.. Nah, besok, alhamdulillah bakal tayang satu lagi, judulnya: Ayam Karamel Pembawa Cinta. Cerita sedikit nih, tuh ide ayam karamel gue dapet pas lagi jalan-jalan sore mau beli seblak, gue ngeliat warung gitu jualannya ayam karamel. Selama ini, gue belum lihat ftv yang mengangkat makanan ayam karamel, jadinya ya gue angkat aja, eh tahunya di acc. Hal itulah yang pengin gue tanemin ke temen-temen semua, kalau ide tuh bisa datang darimana aja, jangan dilewatkan sekecil apa pun itu. FTV nya sendiri tayang di SCTVbesok, selasa 28-Oktober-2014,pukul 10.00. Catatan, kalau nggak ada perubahan tayang. Untuk pemainnya siapa aja, bisa di lihat di gambar tuh ada nama-nama warna kuning, haha... Okeh, jangan lupa nonton yak! Untuk streamingnya kalau ada entar gue upload di postingan ini juga.

DOWNLOAD SINOPSIS 'AYAM KARAMEL PEMBAWA CINTA'

Nonto…

Tentang Template Baru

Selama gue ngeblog, jujur gue selalu memakai template bawaan blogger atau download gratisan. Nah, kali ini template gue lebih spesial karena di buat oleh temen Blog gue, Randy Oktari. Lho, kok bisa sih, gimana ceritanya? Semua berawal dari chat di facebook sih yang ujung-ujungnya gue minta do'i untuk ngebuatin template untuk blog gue yang nggak jelas ini. Kebetulan, Randy yang gantengnya sebelas dua belas sama Irwansyah pas kelindes gerobak sayur itu setuju. Kejombloannya yang sudah memasuki taraf kronislah yang akhirnya bisa bikin Dia dengan cepat menyelesaikan template blog gue. Emm, gue lupa sih berapa hari, sekitar 2 harian lah atau 3 hari ya gue lupa, cepet bingit deh pokoknya. Efek jomblo memang luar biasa. Salah satu blog Randy bisa di lihat DISINI. Gue pribadi sih suka sama templatenya. Sebelum buat template, Randy nanya dulu warna favorit gue apaan, gue jawab pokoknya jangan yang warna tua, eh di pilihin perpaduan hijau-biru yang pas banget. Di tambah lagi sekitaran bawa…

Tips Nulis Ide Cerita 2 Halaman dengan Rumus 6 Paragraf

Malem minggu daripada nggak ada manfaatnya untuk orang, gue memutuskan untuk nulis yang bermanfaat di blog aja. Karena ada beberapa orang yang minta gue memperbanyak tips untuk nulis sinopsis / Ide Cerita untuk FTV yang 2 halaman, gue memutuskan untuk mengangkat tema Rumus 6 Paragraf. Inget ya, ini nggak baku harus gini dan sifatnya hanya untuk mempermudah aja dalam merapihkan tulisan sinopsis kita. Untuk 2 halaman sendiri, sebenarnya bervariasi, ada yang nulisnya 7 paragraf, 8 paragraf bahkan ada 9 paragraf. Nah, untuk pemula, kayak gue juga, rumus 6 paragraf ini paling mudah diterapin biar kita enak menata antar paragraf dan lebih fokus apa fungsi per paragrafnya. Gimana sih contoh 2 halaman 6 paragraf? Nah, kebetulan sinopsis gue ada yang baru di terima lagi satu dan memakai rumus ini, bisa di lihat di bawah:

Paragraf 1&2: Pada 2 paragraf pertama ini, tokoh, latar belakang tokoh; baik itu profesi, kejadian sebab akibat seperti contohnya 'si A membenci si B karena bla bla b…

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini:

Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini:

Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario.
DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK

Tentang FTV 'Pengantar Galon Pujaan Hati'

Setelah menunggu 2 mingguan dari lulus sensornya, FTV yang ide ceritanya dari gue akhirnya mau tayang lagi satu. Seperti postingan gue sebelumnya yang DISINI, ada 3 cerita gue yang di acc dan ternyata yang judulnya Pengantar Galon Pujaan Hati duluan yang bakal tayang besok, Rabu, 08-Oktober-2014, pukul 10.00 di SCTV. Yah, mudah-mudahan nggak di tunda, amin. Untuk videonya seperti biasa bakal gue tarok juga di postingan ini nanti kalau ada yang upload, haha.. Rencananya, gue juga bakal bedah sinopsis Pengantar Galon Pujaan Hati ini di postingan ini juga setelah FTV nya tayang. Siapa tahu aja bakal berguna untuk temen-temen yang berminat nulis ide cerita FTV juga.

UPDATE(09-Oktober-2014): Untuk videonya bagi yang nggak sempet nonton bisa di lihat di bawah, tapi pastinya nggak sebagus yang di tipi. Untuk bedah sinopsis sebenernya sudah gue tulis kemarin beberapa jam setelah tayang di postingan ini. Karena satu dan lain hal, gue hapus deh, hehe... Tenang, masih ada file sinopsisnya kok ya…

Semua Tentang Ide

Ide. Satu kata yang kayaknya susaaaaaaahh banget di cari. Jujur, mencari ide itu layaknya mencari satu butir eek kambing di dalam jerami. Susah-susah gampang. Terkadang, ide tuh melintas sekencang kilat dan menghilang dengan kecepatan cahaya,,, Caelah bahasa gue. Iya, banyak yang bingung gimana sih nyari ide? Nah, di postingan ini, gue akan menjabarkan beberapa pengalaman gue sendiri dalam mencari sebuah ide. Gue tahu sih gue belum ngerasa berkompeten untuk nulis tips ini karena gue pun masih harus banyak belajar. Tapi, setidaknya gue mencoba sedikit membantu teman-teman yang "benar-benar baru" berkecimpung di dunia tulis menulis.
1. Suasana Hening Salah satu cara standar dalam mencari ide. Biasanya, suasana hening itu akan membantu kita dalam berpikir dengan tenang. Nah, biasanya suasana hening ini akan di dapat ketika lagi pup / boker / BAB / Eek. Iya, gue pun kadang dapat ide dari situasi seperti itu dan sampai sekarang gue nggak ngerti kenapa cara ini ampuh. Tapi, harus…