Monday, 27 October 2014

FTV: Ayam Karamel Pembawa Cinta


Hari Jum'at minggu lalu, FTV yang ide ceritanya dari gue yang judulnya Balada Cinta Si Ahli Bekam tayang, sorry nggak gue posting di mari, huehue.. Nah, besok, alhamdulillah bakal tayang satu lagi, judulnya: Ayam Karamel Pembawa Cinta. Cerita sedikit nih, tuh ide ayam karamel gue dapet pas lagi jalan-jalan sore mau beli seblak, gue ngeliat warung gitu jualannya ayam karamel. Selama ini, gue belum lihat ftv yang mengangkat makanan ayam karamel, jadinya ya gue angkat aja, eh tahunya di acc. Hal itulah yang pengin gue tanemin ke temen-temen semua, kalau ide tuh bisa datang darimana aja, jangan dilewatkan sekecil apa pun itu. FTV nya sendiri tayang di SCTV besok, selasa 28-Oktober-2014, pukul 10.00. Catatan, kalau nggak ada perubahan tayang. Untuk pemainnya siapa aja, bisa di lihat di gambar tuh ada nama-nama warna kuning, haha... Okeh, jangan lupa nonton yak! Untuk streamingnya kalau ada entar gue upload di postingan ini juga.

DOWNLOAD SINOPSIS 'AYAM KARAMEL PEMBAWA CINTA'

Nonton Streaming:









Friday, 17 October 2014

Tentang Template Baru


Selama gue ngeblog, jujur gue selalu memakai template bawaan blogger atau download gratisan. Nah, kali ini template gue lebih spesial karena di buat oleh temen Blog gue, Randy Oktari. Lho, kok bisa sih, gimana ceritanya? Semua berawal dari chat di facebook sih yang ujung-ujungnya gue minta do'i untuk ngebuatin template untuk blog gue yang nggak jelas ini. Kebetulan, Randy yang gantengnya sebelas dua belas sama Irwansyah pas kelindes gerobak sayur itu setuju. Kejombloannya yang sudah memasuki taraf kronislah yang akhirnya bisa bikin Dia dengan cepat menyelesaikan template blog gue. Emm, gue lupa sih berapa hari, sekitar 2 harian lah atau 3 hari ya gue lupa, cepet bingit deh pokoknya. Efek jomblo memang luar biasa. Salah satu blog Randy bisa di lihat DISINI. Gue pribadi sih suka sama templatenya. Sebelum buat template, Randy nanya dulu warna favorit gue apaan, gue jawab pokoknya jangan yang warna tua, eh di pilihin perpaduan hijau-biru yang pas banget. Di tambah lagi sekitaran bawah tab headernya di desain kayak robekan kertas gitu, haha... Yah, semoga dengan template ini, gue semakin rajin ngeblog lagi dan temen-temen blogger semakin betah ke blog gue. Thank You, Randy!

Oh iya, kalau temen-temen mau pesan template blog atau website sama Randy, bisa banget. Kontak aja lewat facebooknya DISINI. Pengin sih gue share PIN BB nya, tapi takutnya do'i nggak setuju pinnya gue sebar, wkwkwk.. Orangnya asyik kok, nggak gigit, jadi tenang aja. Do'i juga terbebas dari penyakit ebola, jadi tenang aja. Pokoknya, kita sebagai pemesan tuh bebas request mau template yang gimana sama Randy. Mau bentuk template yang gimana juga di lahap deh sama Dia. Harganya? hmm, tanya-tanya aja sama orangnya langsung yak, terjangkau kok nggak bakal sampai jual rumah! 

Okeh, demikian laporan gue yang singkat tentang template blog baru gue ini. Kalau blog gue jadi rada-rada berat maaf yee... xixixixi.. Jangan lupa, SOON: FTV 'Balada Cinta Si Ahli Bekam' @sctv, pemainnya Larasati Nugroho sama Fendy Chow. Jadwalnya entar gue kabarin lagi di blog ini atau di facebook gue.

Saturday, 11 October 2014

Tips Nulis Ide Cerita 2 Halaman dengan Rumus 6 Paragraf

Malem minggu daripada nggak ada manfaatnya untuk orang, gue memutuskan untuk nulis yang bermanfaat di blog aja. Karena ada beberapa orang yang minta gue memperbanyak tips untuk nulis sinopsis / Ide Cerita untuk FTV yang 2 halaman, gue memutuskan untuk mengangkat tema Rumus 6 Paragraf. Inget ya, ini nggak baku harus gini dan sifatnya hanya untuk mempermudah aja dalam merapihkan tulisan sinopsis kita. Untuk 2 halaman sendiri, sebenarnya bervariasi, ada yang nulisnya 7 paragraf, 8 paragraf bahkan ada 9 paragraf. Nah, untuk pemula, kayak gue juga, rumus 6 paragraf ini paling mudah diterapin biar kita enak menata antar paragraf dan lebih fokus apa fungsi per paragrafnya. Gimana sih contoh 2 halaman 6 paragraf? Nah, kebetulan sinopsis gue ada yang baru di terima lagi satu dan memakai rumus ini, bisa di lihat di bawah:


Paragraf 1&2: Pada 2 paragraf pertama ini, tokoh, latar belakang tokoh; baik itu profesi, kejadian sebab akibat seperti contohnya 'si A membenci si B karena bla bla bla..,' harus sudah tersampaikan dengan jelas. Untuk tokoh, biasanya hanya beberapa aja yang nongol di 2 paragraf pertama ini, tapi gak menutup kemungkinan semua tokoh sudah ada di paragraf 1 dan 2. Tips dari gue, di paragraf pertama carilah pertemuan-pertemuan antar tokoh yang unik. Di paragraf kedua, perkenalkan satu tokoh atau lebih lagi biar memperkuat konflik di paragraf pertama. Misal, inti di paragraf pertama: Deni membenci Ines karena Ines sudah ngerusak motor kesayangannya. Nah, di paragraf keduanya, Deni curhat sama pacarnya, Sisil, tentang masalahnya sama Ines itu. Gara-gara itu, Sisil juga jadi benci sama Ines. Jadi, ada perkenalan tokoh Sisil di paragraf kedua. Adanya tokoh lain di paragraf kedua itu, mempermudah kita untuk lebih menguatkan konflik dan menambah konflik-konflik baru.

Paragraf 3&4: Paragraf pertengahan ini mesti lebih berliku lagi konfliknya. Inget lho, paragraf pertengahan tuh paragraf krusial. Ini paragraf dimana cerita kita di nilai kuat apa nggak konfliknya. Persilangan-persilangan konflik harus sudah ada di paragraf 3 sama 4 ini. Nah, saran gue sih di paragraf 3 atau 4 ini, si tokoh yang tadinya saling membenci (misalnya konfliknya seperti ini), harus sudah mulai baikan dan saling memendam rasa suka gitu. Jadi, pembacanya jangan di bawa tegang terus ya, emosinya harus diperhatikan kapan meninggi dan menurunnya.

Paragraf 5&6: Paragraf ending. Kita harus sudah mulai memikirkan penyelesaian konflik di paragraf ke-5. Inget, 2 paragraf terakhir adalah paragraf ending. Misal kita nulis ada 7 paragraf, nah paragraf 6 sama 7 adalah endingnya. Biasanya, di paragraf 5 tuh masih ada percikan-percikan konflik yang harus diselesaikan jalan keluarnya gimana, ini wajib. Biasanya, si tokoh yang tadinya sudah mulai sama-sama suka, di paragraf sebelumnya (paragraf 4) saling membenci lagi karena satu dan lain hal. Nah, tugas paragraf 5 ini adalah gimana caranya agar kedua tokoh itu baikan lagi atau biasanya kejahatan antagonis yang terbongkar. Setelah itu, tinggal penyelesaian di paragraf 6 deh. Terserah mau gimana menentukan endingnya di paragraf 6 itu kreasi si penulis.

Yup, kira-kira begitulah kalau kita di suruh nulis sinopsis 2 halaman dengan rumus 6 paragraf. Kenapa 6 paragraf? biar gampang aja membagi mana awal, pertengahan dan endingnya. Gue nulis ini hanya untuk membantu, bukan untuk menggurui karena gue pun masih newbie di dunia penulisan ide cerita ini. Sekali lagi, tips ini nggak menjamin sinopsis di-acc ya... Soalnya, yang buat sinopsis di acc ya tulisan dan kreasi kita sendiri dan campur tangan Tuhan yang maha esa. Selama kita berusaha, yakin deh do'a kita pasti terkabul. Tetap semangat!!

Untuk temen-temen yang mau ngirim sinopsisnya, bisa melalui Puguh P.S Admaja, atau lewat Iyas Maldas. Kalau ada yang mau di tanya-tanya ke gue, monggo bisa lewat facebook gue atau twitter gue yak.

Friday, 10 October 2014

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini:


Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini:


Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario.

Tuesday, 7 October 2014

Tentang FTV 'Pengantar Galon Pujaan Hati'


Setelah menunggu 2 mingguan dari lulus sensornya, FTV yang ide ceritanya dari gue akhirnya mau tayang lagi satu. Seperti postingan gue sebelumnya yang DISINI, ada 3 cerita gue yang di acc dan ternyata yang judulnya Pengantar Galon Pujaan Hati duluan yang bakal tayang besok, Rabu, 08-Oktober-2014, pukul 10.00 di SCTV. Yah, mudah-mudahan nggak di tunda, amin. Untuk videonya seperti biasa bakal gue tarok juga di postingan ini nanti kalau ada yang upload, haha.. Rencananya, gue juga bakal bedah sinopsis Pengantar Galon Pujaan Hati ini di postingan ini juga setelah FTV nya tayang. Siapa tahu aja bakal berguna untuk temen-temen yang berminat nulis ide cerita FTV juga.

UPDATE (09-Oktober-2014): Untuk videonya bagi yang nggak sempet nonton bisa di lihat di bawah, tapi pastinya nggak sebagus yang di tipi. Untuk bedah sinopsis sebenernya sudah gue tulis kemarin beberapa jam setelah tayang di postingan ini. Karena satu dan lain hal, gue hapus deh, hehe... Tenang, masih ada file sinopsisnya kok yang bisa kalian download di bawah videonya. Semoga bermanfaat!



DOWNLOAD SINOPSIS PENGANTAR GALON PUJAAN HATI (Link download baru)
Password rar : 05febyandriawan

Thursday, 2 October 2014

Semua Tentang Ide

Ide. Satu kata yang kayaknya susaaaaaaahh banget di cari. Jujur, mencari ide itu layaknya mencari satu butir eek kambing di dalam jerami. Susah-susah gampang. Terkadang, ide tuh melintas sekencang kilat dan menghilang dengan kecepatan cahaya,,, Caelah bahasa gue. Iya, banyak yang bingung gimana sih nyari ide? Nah, di postingan ini, gue akan menjabarkan beberapa pengalaman gue sendiri dalam mencari sebuah ide. Gue tahu sih gue belum ngerasa berkompeten untuk nulis tips ini karena gue pun masih harus banyak belajar. Tapi, setidaknya gue mencoba sedikit membantu teman-teman yang "benar-benar baru" berkecimpung di dunia tulis menulis.

1. Suasana Hening
Salah satu cara standar dalam mencari ide. Biasanya, suasana hening itu akan membantu kita dalam berpikir dengan tenang. Nah, biasanya suasana hening ini akan di dapat ketika lagi pup / boker / BAB / Eek. Iya, gue pun kadang dapat ide dari situasi seperti itu dan sampai sekarang gue nggak ngerti kenapa cara ini ampuh. Tapi, harus di WC rumah sendiri sih, soalnya kalau di WC Umum rada gimanaaa gitu.

2. Coba Untuk Tidak Mainstream
Mainstream di sini bukan gaya kita dalam menulis. Mainstream yang gue maksud adalah mencoba mengubah pola kita dalam mencari ide. Misal, kita biasanya mencari ide di keheningan malam secara terus menerus. Tanpa kita sadari, lama kelamaan kita bakal boring sendiri. Akibatnya, nggak ada satu pun ide yang masuk atau malah ide yang sama terus yang bakal terlintas. Coba cari cara lain. Sambil merhatiin kereta api lewat mungkin? siapa tahu aja kan?

3. Coba Untuk Prihatin
Bukan, prihatin di sini bukan pura-pura cacat terus ngemis di lampu merah. Prihatin di sini adalah kita nggak naik kendaraan pribadi, melainkan jalan kaki / naik angkot / bis. Biasanya, seseorang yang bepergian dengan kendaraan pribadi, akan melewatkan hal-hal sekitar lebih banyak ketimbang orang yang jalan kaki atau naik kendaraan umum. Ini bener-bener gue rasain sendiri. Dengan berjalan kaki, gue bisa lihat sekitar, ada apa aja yang unik, atau melihat ekspresi-ekspresi orang yang terkadang bisa dijadiin ide.

4. Sering Bersosialisasi
Komunikasi itu cukup penting untuk mencari sebuah ide. Beruntunglah bagi yang punya banyak kenalan. Iya, terkadang dengan ngobrol sama orang, syukur-syukur tuh orang curhat, kita bisa menemukan ide untuk dijadikan sebuah cerita.

5. Sering Menonton dan Membaca
Cara paling lumayan ampuh untuk mencari ide. Terkadang, ada hal-hal menarik dari tipi yang bisa kita jadiin ide. Selain itu, banyak membaca juga selain membentuk gaya penulisan, akan melatih kita untuk membentuk pola pikir. Jangan cuman membaca, tapi bedah konflik di dalamnya. Mungkin aja kita nemuin pengembangannya kan? Beruntunglah bagi kalian yang hobi baca novel. Jujur, gue sih jarang baca novel. Makanya tulisan gue gini-gini aja, huehuehue....

6. Mencoba membuat outline
Outline tuh bisa di bilang garis besarnya sebuah cerita. Contoh misalnya di FTV gue yang Cewek Kepo Mengejar Cinta dulu. Di dalam ide cerita itu, gue awalnya membayangkan, "Seorang cewek yang kepo banget yang suka sama seorang cowok tapi cowok itu gak suka sama dia. Sementara, ada cowok lain yang benar-benar tulus mencintai si cewek kepo itu." Dari outline itulah gue kembangin lagi jadi sebuah ide cerita yang lebih menarik.

Sudah, segitu aja dulu, haha.. Mau ide kita murni dari pemikiran kita ataupun me-remake ide orang lain, sebuah ide itu tetaplah bernilai. Terkadang, kita sudah cukup puas apabila ide kita di publikasikan. Uang nomor dua, yang penting kita sudah mengukir sejarah diri kita sendiri walaupun itu skalanya nggak gede-gede amat. Kan siapa tahu aja karya-karya kita itu bisa jadi cerita untuk anak cucu. Ingat, jangan lewatkan sekecil apa pun ide yang terlintas di otak kita. Begitu ide lewat, segera tulis. Jangan sampai ide itu kelak keduluan orang lain!
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑