Saturday, 31 March 2012

#LOL BBM

 



Saturday, 17 March 2012

Kejanggalan Di Film-Film Superhero Amrik

Pertama-tama, gue akuin judul postingan kali ini rada-rada gak berkelas. Oke, kenapa judul postingan gue kali ini kejanggalan di film-film superhero? ada apa dengan mereka? ini adalah pertanyaan yang sama ketika film ada apa dengan cinta di rilis. Superhero, mereka adalah pahlawan super yang selalu ada saat dibutuhkan. Kali ini gue akan berbicara tentang superhero fiktif. Menurut gue, film-film superhero ini keren-keren abis, baik itu superhero Amrik atau superhero asia. Dulu gue pernah posting keheranan gue sama film Ultramen. Sekarang, gue akan mengeluarkan uneg-uneg gue tentang superhero Amerika. Ya, siapa tau teman-teman blogger ada yang bisa menjawab kegelisahan gue ini.

1. Kemana laba-laba yang menggigit Peter Parker di film Spiderman?

Pertama gue nonton film Spiderman gue terpukau. Gue jadi teringat masa-masa SD gue waktu baca komik Spiderman. Sampai sekuel ketiga kemarin, Spiderman tetap jadi salah satu film favorit gue. Tapi lama kelamaan gue nonton ulang tuh film dari pertama sampai ketiga, gue mulai menemukan kejanggalan. Gue selalu bertanya-tanya, kemana laba-laba yang menggigit Peter Parker? kenapa tuh laba-laba gak muncul lagi setelah kabur menggigit Peter Parker? itu masih menjadi misteri buat gue.



2. Siapa Pembuat Palu Thor?

Thor adalah superhero yang sangat kuat kalau Mjolnir (palu) selalu ditangannya. Film perdana Thor juga menurut gue oke banget. Gue udah nonton film Thor tiga kali. Dan gue penasaran banget, siapa yang buat palu Thor itu? soalnya di film gak ada flashback tukang palu lagi buat tuh Mjolnir.




3. Kenapa Hulk Gak pernah Bugil Waktu Berubah?

Siapa gak tau Hulk, ini superhero yang paling gede, kalau dia udah berubah, monas bakal rubuh dengan sekali tendang aja. Satu yang gue heran dari Hulk ini, kenapa setiap berubah dia gak pernah bugil alias selalu memakai celana pendek? coba deh bayangin, kalau badan kita tiba-tiba membesar, otomatis baju sama celana kita semua robek dan otomatis kita bugil kan? tapi kenapa Hulk ini enggak? setiap berubah dia pasti menyisakan celana pendek. Ini misterius banget.




4. Kenapa Batman pas berubah suaranya jadi gahar?

Batman termasuk superhero kaya. Sama seperti Ironman, Batman juga pintar. Awalnya gue nonton Batman, gue asik-asik aja.Tapi seiring berjalan waktu, di pertengahan film gue jadi heran, kenapa suara Batman ini beda antara pas jadi manusia dengan pas berubah pakai topeng Batman? Padahal gue gak liat si Batman ini makan Hexos dulu sebelum berubah. Apakah Batman punya kelainan di pita suaranya? hmm...







5. Kenapa Superman memakai kolor di luar?

Ini adalah pertanyaan klasik yang gak perlu gue buat panjang lebar. Superman adalah superhero yang gue suka banget waktu gue kecil. Tapi beranjak dewasa, gue jadi ilfeel sama do'i. Kenapa? karena dia pakai kolor diluar. Batman aja yang awalnya pakai kolor diluar udah insyaf sekarang. Ini jelas bertentangan sama ajaran nyokap gue yang selalu menyarankan agar gue pakai kolor di dalam. So, kalau superman ini pakai kolor di luar? berarti di dalamnya?? ah, sudahlah, lupakan. Biarkan itu tetap menjadi sebuah misteri.





Udah deh cukup segitu aja uneg-uneg gue. Semoga ada sahabat bloger yang bisa jawab rasa penasaran gue di atas. Akhir kata, selamat malam minggu. Buat para jomblo, beli tisu sebelum terlambat. Buat yang punya pasangan, tahan hawa nafsu kalian, jangan sampai tikar jadi alas.

Monday, 12 March 2012

Culun atau Populer?


Bagi gue, masa-masa sekolah dulu tuh adalah masa dimana kita dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu golongan culun dan populer. Ya, masa sekolah memang gak ada duanya. Itu adalah masa dimana kita mulai mengenal arti persahabatan, arti disiplin dan arti cinta. Selama sekolah, gue selalu masuk ke kategori culun. Sebuah kelompok paling enggak banget di sekolah, sebenarnya sampai sekarang gue masih dikelompokkan ke kategori culun sih, tapi untungnya lingkungan kampus gak kayak lingkungan sekolah. Di sekolah, kita akan dengan bisa mudah menebak seseorang itu culun atau enggak. Culun dan populer masih bisa di bagi ke beberapa bagian lagi.

Kelompok Culun biasa (tingkat ketertarikan 5/10):
- Culun jenius : Biasanya ngumpul di dalam kelas atau di dalam perpustakaan.
- Culun wajah pas-pasan: Biasanya ada di kelas sama kantin.
- Culun dandanan : Biasanya ada dimana-mana, tapi lebih sering dalam kelas.

Kelompok Populer biasa (tingkat ketertarikan 7/10):
- Populer eskul : Biasanya ngumpul bareng teman organisasinya.
- Populer Anak Band : Biasanya ngumpul di kantin dan di depan kelas.
- Populer ganteng/cantik : Biasanya ada di kantin dan di dalam kelas.

Kelompok Culun Kuadrat (tingkat ketertarikan 4/10):
- Culun jenius plus wajah pas-pasan
- Culun wajah pas-pasan plus dandanan norak

Kelompok populer Kuadrat (tingkat ketertarikan 9/10):
- Populer eskul plus anak band
- Populer jenius plus rupawan

Walaupun terlihat kalah telak, anak culun biasanya lebih bisa mendapat kepercayaan dari teman-temannya, atau mungkin juga lebih bisa dimanfaatkan! Disaat anak-anak populer latihan band, anak-anak culun ini hanya berdiam diri di rumah menatapi keculunannya. Disaat anak-anak populer ngumpul sama anak-anak eskulnya, anak-anak culun ini hanya bisa ngumpul bareng anak culun lainnya di kantin. Disaat anak populer menyatakan cinta kepada orang yang dia suka, anak-anak culun ini hanya bisa duduk di kursi batu di taman sekolah, sendiri. Kehidupan anak culun dan anak populer di sekolah itu sangat kontras sekali. Bagi anak-anak culun, menjadi populer itu hanyalah sebuah mimpi. Tapi, di era sekarang, para sutradara film harus berterimakasih ke orang culun. Berkat adanya siswa culun di sekolah, para sutradara film ini jadi bisa mengembangkan ide mereka. Misalnya: siswa culun yang mendadak keren, siswa culun tapi pintar yang dikejar-kejar sama siswi populer yang cantik abis, dll. 

Iklan sebelum liat paragraf berikutnya.

Culun atau populer itu pilihan, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gak selamanya jadi anak populer juga hidupnya enak, mereka harus bisa jaga sikap, kalau gak berita memalukan mereka pasti langsung terpajang di mading. Sedangkan anak culun? mereka enak, kalau pun ngelakuin hal memalukan, gak ada yang mau baca berita mereka di mading sekolah. Kadang gue heran, kenapa sih anak sekolahan yang berbuat mesum itu harus direkam? apa yang kalian dapat coba? mau jadi dokumentasi pas lulus ntar? adanya kalian tuh bakal malu. Gue juga heran sama tawuran yang sering terjadi di sekolah. Kita itu satu Indonesia tapi kenapa harus saling baku hantam sampai ada yang meninggal? reputasi sekolah kalian tuh bisa hancur. Biasanya, anak culun, gak pernah terlibat hal-hal aneh. Anak culun itu dimata orang lain tetaplah anak yang culun, yang gak bisa ngelakuin apa-apa. Tapi bukan berarti semua anak populer gak baik, masih banyak juga anak populer yang baik di sekolahnya. Ya, semoga dengan postingan ini anak-anak yang masih sekolah sadar, kalau diskriminasi itu harus dihilangkan. Culun dan populer itu harus bersatu untuk kemajuan sekolah. Hidup Culun!!

Saturday, 10 March 2012

Malam Minggu Lagi!!

Hari ini akhirnya kita kembali dipertemukan dengan malam minggu. Malam ini ibarat malam seribu bulan untuk yang punya pasangan. Tapi bagi yang jomblo, malam ini ibarat malam seribu air mata. Gue jujur aja bingung dengan status-status facebook menjelang malam minggu. Kenapa pada malam minggu ini orang-orang pada curhat di facebook. Curhatnya macem-macem, ada yang di tinggalin sama pacarnya, ada yang lagi bingung kok pacarnya tiba-tiba gak komunikasi lagi, ada yg bingung kenapa pacarnya selingkuh, dll. Padahal, menurut gue, malam minggu tuh acara tipi enak-enak. Bagi para cowok, malam minggu selalu aja ada pertandingan bola atau juga ada film-film box office. Agak maleman dikit ada acara Galau Nite di metro yang buat galau kita berkualitas. Apa yang salah dari malam minggu?

Coba liat status-status facebook di bawah ini menjelang malam minggu:

Selain menunjukkan status cinta yang gelap, tulisannya juga rada alay
Menumpahkan rasa kekecewaan dengan seseorang. Inilah gambaran kenapa sakit hati itu sangat pedih rasanya.
Ketika seseorang merasakan ada yang berubah dari pasangannya.

Itu adalah sedikit gambaran kenapa malam minggu menjadi malam ajang curhat. Sebelum hari sabtu, biasanya orang akan menulis kekecewaan kisah asmaranya di facebook dan puncaknya adalah hari sabtu alias malam minggu. Entah kenapa malam minggu tuh berasa beda dari malam-malam sebelumnya. Romantika cinta sering kita temui di jalan-jalan pas malam minggu, tapi kepedihan cinta sering kita jumpai di jejaring sosial.

Akhir kata,
S3laM4t M4Lam M1n9gU y4cH.

Thursday, 8 March 2012

Tips Menulis Ala Ayu Utami

Akhirnya gue bisa nulis lagi seteah lama berkutat dengan keresahan yang melanda gue akhir-akhir ini. Kemarin gue mengalami kejadian yang membuat gue sadar betapa pasarannya wajah gue. Kenapa? soalnya kemarin pas gue ke kampus tiba-tiba ada cewek yang ngejer gue dari belakang terus dia berdiri di depan gue sambil senyum-senyum. Gue bingung, gue coba berpikir keras siapa cewek yang lagi natap gue sambil senyum-senyum gak jelas, eh taunya beberapa detik kemudian dia bilang, "Eh sory, gue kirain temen gue," terus tuh cewek langsung lari, mungkin malu. Anjiiiss, gue dikirain temennya, sepasaran itukah wajah gue!! Tapi gue emang percaya sih, setiap manusia itu pasti ada kembarannya dimana pun dia berada. Oke, cukup intronya, kali ini gue akan sedikit mengulas tips membuat fiksi yang dibuat oleh novelis Ayu Utami

1. Bagaimana Menuangkan Ide.
Ide, sebuah kata sederhana tapi sulit untuk dibuat. Bagi gue, ide cerita yang mau kita tulis itu sangat-sangat susah untuk dibuat, itulah kenapa orang-orang benci dengan "copy paste". Bukan karena punya kita jadi milik orang lain, tapi karena idenya. Menurut Mbak Ayu Utami, ide itu ibarat keping-keping lego atau puzel. Kita harus menyusun bagian mana yang belum lengkap. Mencari ide bisa dimana aja. Kayak gue nih, gue tuh selalu punya ide nulis blog pas lagi boker. Emang sih rada-rada joki (baca: jorok), tapi ngeden sambil mikirin apa yang mau ditulis itu asik banget, coba deh.

2. Seperti apa pembuka, isi dan penutup yang baik?
Cerita itu kayak makanan. Pembukanya segar dan gurih agar kita bisa melanjutkan menu berikutnya. Santapan utamanya harus nikmat dan berisi biar kita kenyang. Penutupnya manis, tapi bisa juga pahit dan manis, seperti sepotong tiramizu dan secangkir ekspresso. Ya, sekali lagi, ini adalah pengembangan dari ide yang dimana sebuah ide yang kita dapat sebelumnya dapat diperjeas dalam sebuah tulisan yang terbagi atas tiga bagian, pembuka, isi dan penutup. Kita harus memikirkan pembuka yang baik, misalnya cerita pinokio dimana cerita pembukanya saat Gepetto (pembuat boneka kayu) mendambakan seorang anak, kemudian salah satu boneka kayu buatannya dihidupkan oleh peri. Kemudian isinya adalah kehidupan pinokio setelah bisa bergerak dan bicara seperti manusia. Pinokio tumbuh jadi anak yang nakal dan suka berbohong, masalahnya adalah ketika berbohong hidung pinokio jadi panjang. Bahkan cerita itu semakin berkembang setelah pinokio menjadi keledai dan harus menyelamatkan ayahnya dari ikan hiu. Di akhir, pinokio berhasil menyelamatkan ayahnya dan pinokio menjadi manusia seutuhnya. Ya, pikirkanlah pembuka, isi dan penutup yang baik.

3. Bagaimana membuat cerita?
Menurut Mbak Ayu Utami, membuat novel atau cerita fiksi itu harus memiliki ketegangan. Gue setuju banget nih, ketegangan adalah hal yang wajib yang harus ada. Harus ada konflik dalam sebuah cerita. Bahkan sinetron-sinetron laga Indosiar dan ftv juga ada konfliknya. Kayak misalnya anak Jaka tarub di culik sama orang sakti terus Jaka tarub mencari orang sakti tersebut dan mereka bertarung dengan efek-efek api gitu. Atau kisah ftv yang dilema memilih satu cinta diantara dua cinta yang ada di kehidupannya. Semua harus memiliki ketegangan tersendiri, tinggal bagaimana cara kita mengemas ketegangan itu agar dapat dirasakan oleh pembaca. Itu yang sulit.

4. Bagaimana Membangun Ketegangan?
Nah, ini dia yang menarik. Menurut Mbak Ayu Utami, ada dua fondasi untuk bisa membangun ketegangan. Yang pertama, ketegangan itu dibangun dari kemungkinan YA atau TIDAK. Contohnya cerita ftv dimana si cewek harus memilih salah satu dari dua cowok yang dia suka, sebut saja A dan B. Ketegangannya adalah si A dan si B ini juga ternyata sama-sama cinta sama itu cewek. Apakah si cewek akan memilih si A atau si B? disanalah nanti kejadian demi kejadian dapat berkembang.

Yang kedua, ketegangan dibangun dari kejutan. Ini sangat sulit, si penulis harus buat unsur-unsur kejutan yang menarik dan tidak mudah ditebak. Jangan kayak cerita-cerita sinetron sekarang dimana si cewek di tabrak sama si cowok kemudian mereka saling benci tapi akhirnya jadi cinta, Huuuueekk, jijik. Pikirkanlah sebuah kejutan yang tidak mudah ditebak.

5. Bagaimana mengatasi mentok penulisan?
Ini nih yang gue seirng alami, mentok. Kalau kata mbak Ayu Utami, kalau kita mentok nulis, istirahatlah beberapa hari, beberapa pekan, beberapa bulan, asal jangan istirahat selamanya aja (meninggalkan bumi). Kita harus benar-benar tinggalkan tulisan kita itu, jangan kita pikirin sama sekali. Setelah masa istirahat selesai, kita baca lagi tulisan kita dari awal, jangan-jangan puzel yang seama ini kita susun itu salah penempatan, jangan-jangan susunannya perlu diganti atau jangan-jangan kita harus mencari susunan puzel dari tempat lain (ide baru). Ingat, jangan paksakan tulisan kita untuk cepat selesai.

6. Bagaimana mengatasi kehabisan ide?
Kalau menurut Mbak Ayu Utami, kita harus banyak membaca dan mendengarkan pihak lain karena seorang penulis adalah seorang pembaca. Perbanyak referensi. Kalau punya duit ya beli buku sejenis, jangan lo mau buat novel fiksi tapi beli buku Matematika diskrit, kan gak nyambung. Kritikan dan saran juga sangat membantu, coba lo perlihatkan tulisan lo dulu ke orang lain, tapi satu saran gue, jangan memperlihatkan tulisan lo itu ke orang gila.

7. Menulislah untuk orang lain dan diri sendiri
Untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik, kita bukan saja harus menjadi diri sendiri dalam menulis tapi kita harus memikirkan orang lain juga. Kira-kira ceritanya bagus gak kalau dibaca, kira-kira bumbu apa yang harus ditambahkan dalam tulisan agar orang lain tertarik membaca tulisan kita. Semua harus dipikirkan dengan baik dan matang. Jangan biarkan tulisan kita hanya berbicara dengan kita, tapi berikanlah sesuatu agar tulisan kita juga dapat berbicara kepada orang lain.

8. Bagaimana agar tidak takut menulis?
Menurut Ayu Utami, agar tidak takut, kita jangan memikirkan diri sendiri. Rasa takut datang dari terlalu memikirkan diri sendiri. Kadang kita takut mempublish tulisan kita di blog. Kadang kita mikir, "ah, ini jelek, jangan di publish ah," padahal belum tentu orang lain mengatakan tulisan kita itu jelek. Gue sering mengalami ketakutan dalam mempublish tulisan gue, tapi pada akhirnya bodo amat dah, mau dibaca syukur gak dibaca juga ora opo-opo. Menurut gue, mau tulisan seaneh apa pun, sesingkat apa pun, selalu ada orang yang tertarik membacanya, asal tulisannya jangan tulisan kombinasi huruf dan angka aja (tulisan zaman megalitikum yang sekarang disbut alay).

Semoga aja saran-saran dari sang novelis, Ayu Utami, bisa bantu kita-kita yang lagi nulis-nulis blog juga yang lagi mau buat novel pertamanya. Ada lagi satu tips dari gue pribadi: kalau nulis, lebih nikmat kalau sambil ngupil. Jadi, tangan kiri ngupil tangan kanan ngetik. Yeah!!
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑