Skip to main content

Saat-saat genting anak kosan

Huff, gak tau kenapa beberapa hari ini gue susah tidur. Mungkin gue susah tidur karena kepikiran terus sama Diana Agron yang berpapasan sama gue waktu di Los Angeles (hoax) atau gue lagi kepikiran terus kapan lulus kuliah (fakta). Oke, daripada ngomongin hal yang geje yang gue sendiri geli liatnya, lebih baik gue ngomongin hal yang bermanfaat buat anak-anak yang mau ngekos. Gue kasih tau, ngekos itu gak selamanya gak enak dan gak selamanya juga enak. Kadang kita kepikiran sama orang tua dan saudara, tapi kadang juga kita merasa hidup bebas.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat ngekos, gue kasih tau nih saat-saat genting anak kosan dan solusinya, oke anak-anak baca lah tulisan dibawah ini:

1. Cucian belum kering.
Ini adalah saat-saat yang paling gak banget buat anak kosan, gue juga pernah ngalaminnya. Faktor cuaca yang terus hujan adalah alasan kenapa cucian pakaian belum kering. Kalo baju sih mending, gue pernah sempet gak ada kolor tiga hari berturut-turut. Terpaksa deh gue pake kolor kayak nyetel kaset, side A & side B gitu, dan orang yang ngajarin gue akan hal itu pertama kali adalah kakak gue.

"Bos, gak ada kolor lagi nih gimana nih?" gue nanya ke kakak gue dengan tampang cemas.

"Udah side B aja."

"Maksudnya?"

"Dibalik, yang luar di dalem, yang dalem di luar."

"Owh, sip.."

Pas tidur malem gue langsung gatel-gatel.

Menyebalkan emang kalo keabisan stok baju, celana, baju dalem dan celana dalem. Untuk mensiasati hal tersebut biar gak terjadi, lo harus banyak-banyak liat ramalan cuaca dan kalo bisa nyuci tiga hari sekali. Atau kalo lagi banyak duit laundry aja dah, sekilo tiga ribu di tempat gue, bisa sih sekilo lima ratus perak, tapi hasilnya kayak abis dicakar kucing.

2. Antri di toilet.
Menyebalkan memang kalo harus masuk kuliah jam tujuh pagi. Parahnya, di kosan ada lebih dari dua orang yang punya jadwal sama. Hal itu buat kita otomatis harus ngantri mandi dan buat kita bisa telat masuk kuliah, sekolah atau kerja. Dan yang paling gak ngenakin dari situasi antri di toilet adalah pada saat giliran lo mandi atau lagi boker tapi masih ada yang antri, otomatis kegiatan di WC itu jadi gak tenang.

Lagi asik boker digedor-gedor...

"Woy, cepetan! Lagi ngapain sih lo lama banget!"

"Entar gue lagi boker bego', nih masih ngegantung eeknya!"

"Kampret, pake dikasih tau lagi eek ngegantungnya!"

"Kan tadi lo yang nanya bego!!"

Beberapa menit kemudian:

Brooot.. Pluk.. Pluk.. Pluk..

"Gile, rudal udah di luncurkan tuh kayaknya!"

"Iya, sayangnya nih rudal gak di luncurkan ke muka lo! Ngapain lo nguping kampret!!"

Nah untuk meminimalisir biar hal ini gak terjadi lo harus tau jadwal kapan kira-kira temen kosan lo mandi atau lo terpaksa harus mandi sejam sebelumnya. Ya, lebih cepat lebih baik sob.

3. Bangun kesiangan.
Ini dia nih yang parah, fakta membuktikan kalo 80% anak kosan itu suka kesiangan atau bangun kesiangan. Gak heran, soalnya anak kosan lebih sering begadang atau bergalau ria. Kalo udah kayak gini, kalo buat cowok biasanya harus ada kopi sama rokok atau pergi ke warkop terdekat. Tapi menurut gue sih bangun kesiangan bukan cuma milik anak kosan aja, tapi semua orang pasti pernah kesiangan.Gue juga, gue termasuk orang yang suka bangun kesiangan apalagi kalo kuliah masuk jam tujuh pagi.

Waktu menunjukkan jam lima subuh.

"Ah masih jam lima, ntar lagi deh dua puluh menit lagi."

Waktu menunjukkan jam setengah enam.

"Entar lagi aja dah.. Tidur lagi bentar,.. Huaaaahh..."

Jam enam.

"Bentar lagi, sumpah bentar lagi aja."

Jam setengah tujuh.

"Huaaah. ngumpulin nyawa dulu.. tapi kok masih ngantuk ya.."

Jam delapan.

"Sms temen dulu, siapa ya, nah ini aja deh, 'cuy, absenin gue ya, tulis aja izin. sip, thanks. ntar gue traktir gorengan sebiji', kirim, sip, tidur lagi ah."

Shalat kagak, kuliah kagak. Itulah hal yang terburuk dari bangun kesiangan, lo gak dapet apa-apa kecuali tidur puas. Untuk mengatasi penyakit ini gak ada jalan lain selain lo harus nyubit pipi lo pas bangun biar gak ketiduran lagi, atau paling ekstrim jedukin kepala ke tembok (yang gak ada pakunya).

4. Keadaan pas lagi sakit.
Buat anak kosan sakit tuh berasa gak enak banget. Apalagi yang keluarganya nan jauh di mato. Mending kalo sakitnya cuma demam biasa, lo masih bisa ke dokter naik kendaraan. Tapi gimana kalo lo udah gak sanggup jalan dan keadaan kosan lagi kosong? bisa dipastikan lo bakal jadi mayat hidup di kamar. Keadaan sakit tuh serba salah, lo harus punya temen di kosan buat dimintain beliin obat atau nganter ke dokter tapi di sisi lain temen juga bisa mengganggu. Ya, lo harus menjauh dari pergaulan perkosan sejenak kalo sakit, kenapa? karena pasti keberadaan temen-temen kosan lo di kamar akan sangat mengganggu.

"Brrrrr..."

"Kenapa lo?"

"Sakit gue."

"Owh, gue main gitar ya."

JRENG.. JRENG... JREENG..

"Ooooo, mengapa hatiku cenat-cenut setiap ada kamu.. Oooo, You Know Me So Well... Girl I Need You!!"

"Kampret lu gue lagi sakit nyanyi fales lagi! Tolong jangan nyanyi lagu itu, tolong!!"

Buat anak kosan yang ngerasa badannya udah gak fit sebaiknya cepat ke dokter atau beli obat, jangan tunggu sampai penyakitnya parah. Sekali lagi, lebih cepat lebih baik.

5. Keadaan pas pertengahan bulan.

Dunia akan selalu mendengar jeritan anak kosan setiap pertengahan bulan. Inilah saat-saat dompet anak kosan menipis, inilah saat-saat anak kosan beramai-ramai makan di warkop, inilah saat dimana anak kosan lebih sering menghabiskan waktunya di kamar, inilah saat-saat anak kosan gak bisa sms-an sama pacarnya, inilah saat-saat anak kosan tuh jarang mandi dan inilah masa-masa yang paling genting dari semua masa tergenting buat anak kosan. Saat-saat seperti ini gak ada pilihan lain selain pinjem duit atau ngutang dulu. Tapi jangan salah pilih temen buat dipinjemin duitnya.

Contoh salah minjem duit:

"Bro, duit gue tinggal lima belas ribu lagi nih, sementara akhir bulan masih tiga belas hari lagi. Gue pinjem duit lo dulu donk.."

"Ya elah, lo mending tinggal segitu, gue udah tinggal lima ribu lagi. Gue pinjem lima ribu lah sama lo biar duit kita sama sepuluh ribu, jadi bisa galau bareng."

"Owh, kalo gitu bro, gue boleh ngomong satu kata gak buat lo?"

"Mau ngomong apaan?"

"Ngehek lu !!"

Nah segitu aja yang bisa gue tulis tentang masa tergenting anak kosan. Mungkin gue selalu nulis sisi gelap dari kehidupan anak kosan. Tapi sebenarnya jadi anak kosan itu perlu, lo bisa belajar banyak dari ngekos, lo bisa memanage diri lo sendiri, lo bisa ngatur keuangan biar terbiasa hidup hemat, bisa disiplin, bisa menambah pergaulan, dll. Gak selamanya hidup ngekos itu gak enak lho, ayo kita tunjukin kalo kita bisa hidup mandiri teman.

keterangan: lirik lagu yang dinyanyikan pada poin keempat adalah lagu sm*sh, buat generasi yang baca tulisan ini yang gak tau sm*sh cari aja di google karena gue gak akan ngebahas tujuh semi pria itu lebih dalam lagi.

Comments

  1. ahahaha bener banget

    tapi kalau kancut usahan tiap hari di cuci bukan di side A atau side B -____-
    dan bedanya lg kalau kosan gue ada kamar mandi tersendiri jd gk ngantri :3

    yg bangun kesingan tuh kerjaan gue tiap hari hueheu dan pantas juga kalau gue blm make toga dgn sukses *malah curcol* #abaikan..

    ReplyDelete
  2. Sumpah, pagi-pagi gin, rumah masih sepi krn blm ada yang bangun. Aku udah cekiki-an di kamar bikin gaduh.

    Udah, mau tidur, ah!

    ReplyDelete
  3. saya juga ngekost.
    tapi untunglah tidak semua yang anda sebutkan terjadi pada saya. haha.
    Paling-paling pernah terjadi yang nomor 4. Tapi untung waktu itu ada teman dari satu kota (kebetulan satu sekolah dan satu kelas),jadi ada yang mengantar ke dokter :)

    ReplyDelete
  4. Memang sengsara ya jadi anak kost...hehehehe

    ReplyDelete
  5. nggak nyangka kalo elu juga pake jurus side A, side B feb,
    gue kira itu cuma jadi rahasia gue aja. ternyata gue punya temen untuk hal satu itu..:P

    emang berkesan banget kalo jadi anak kost,
    dan banyak kisah" yang nggak keduga dan pasti bakal jadi memori yang indah juga sulit dilupain kalo kita kaga' ngekost lagi dan kembali ke pangkuan orangtua..

    gue jadi keinget lagi masa" gue ngekost, jauh dari orangtua dulu.. :(

    ReplyDelete
  6. yang cuciaan itu bener banget ya #ngeliat-jemuran-yang-entah-kapan-keringnya :(

    laundry 500 perak beneran ada :O

    ReplyDelete
  7. hahhaa...point kedua, ngakakkkkk......
    paling gak enak emang kalo udeh kbelet :p

    ReplyDelete
  8. wah, kalo yg poin 1 ama 5 itu bkn cm anak kosan doank sob yg ngrasain. tp aku jg. meskipun aku bkn anak kos, tp kalo udh menyangkut kdua poin tersebut bakaln pusing 7 kliling deh..

    ReplyDelete
  9. hihihiihi antri di toilet tuh paling gag enak kalu saiia rasain... serangan datengnya dari mana-mana :(

    belajar photoshop

    ReplyDelete
  10. wah selain kesiangan ga pernah ngalamin poin yg lain. Ku biasanya nyucinya malam , siang hari dah kering. Kalau musim hujan ya biki jemuran sendiri di kamar mandi, asyiknya nih kalau kosan punya kamar mandi sendiri2

    ReplyDelete
  11. uoh, gitu ya kalo jadi anak kosan :O

    ada part 2 nya ngga nih bang?
    ditunggu lagi lho sisi lain kehidupan anak kosannya.

    ReplyDelete
  12. sepertinya saya belum pernah ngerasain semua poin yang disebuti bang feb diatas, alhamdulillah yah~

    ReplyDelete
  13. @Cacing monster: haha.. salam change side kancut lovers.. :D
    @Arif Riu: Wah, ketawa itu sehat sob, tertawalah kapan saja dimana saja.. :D
    @Kevin: Anda beruntung banget. :)
    @Bang Keven: Gak selamanya gak enak jg bang. :D
    @Anak Pingit: Jangan nangis sob..
    @Fiction's Word: Serius ada? di tempat gue 500 perak hasilnya kayak dicakar kucing.. :D
    @Belo a.k.a Naya: Yup, bner bgt. :D
    @Nuellubis: Iya ya.. :D
    @Penghuni 60: Iya brad, bukan pusing lagi, ngebul.. :D
    @PS Holic: Bener bgt bang. :D
    @Aje: Kalo di gue bikin jemuran di kamar mandi ntar di ocehin ibu kosan. wkwk
    @Qistina: Gak ada neng, ini hanya satu2nya. :)
    @Andaka: Wuis, alhamdulilah ya, siswanto. :D

    ReplyDelete
  14. wakakakakak.... gw ketawa dulu yah... wiwikkkikiki... ngakak guling2. mana malem lagih!
    eh kolor side B beneran tuh uwaaahhhhkkkk

    ReplyDelete
  15. @Risah: Hati2 ketawanya mbak ntar keselek.. :D

    ReplyDelete
  16. hahahaha... DamnItsTrue!! ngalamin bgt .... :D

    ReplyDelete
  17. eh kancut berside berlabel gak
    kalau berlabel labelnya apa?
    terus dijualnya berapaan? <== gak penting banget

    eh ayolah, bahas si personil 7 dewa itu
    #mohon #sambil peluk ambil dompet disaku belakang

    ReplyDelete
  18. hahahahhha.. ngakak sengakak ngakaknya..
    belum pernah jadi anak kost, tapi suka merasakan derita anak kost kayak gini klo pas nginep di kostan temen. benar2 kocak tp emang begitu adanya :D

    ReplyDelete
  19. Jadi anak kosan bikin kreatif kadang-kadang. Contonya pada kasus nomer satu.

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah banget ya, walau pernah ngekost saya gak pernah ngerasa seperti itu. soalnya sepadat apapun urusan kuliah, semua dikerjain dg tepat waktu

    ReplyDelete
  21. @Dinar: Wah selamat kalo gitu.. :D
    @Naspard: Cukup, jangan paksa gue melakukan hal itu!!
    @Irma: Haha.. memang kisah anak kosan sedikit rumit.. :D
    @[L]ain: Bener bgt.. :D
    @rusydi: Wah anda beruntung. sesuatu yah.. :D

    ReplyDelete
  22. hahaha. wah, aku berencana pengen ngekos nih ntar kuliah.
    bisa nambah referensi suka dukanya anak kos ga mas? :D

    ReplyDelete
  23. dari semua curcolan lo, gw cumanpaling stuju kalo SMES itu adalah TUJUH SEMI PRIA.. LOL

    ReplyDelete
  24. Haahaaaaa bener-bener mendalami nihhhh kehidupann anak kos, btw thanks buat sarannya kebetulann gw anak kosan,,,,,,,,,!!!

    Slm kenal dari blogger amatiran lombok utara
    berkunjung balik yaaaaaaaaa,,,,,,,,,,,,,,!!!

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. walau gue "semi" kos,,
    poin KESIANGAN,, Gueee bangeeett.... XD

    Ngakak2 sendiri di tengah dosen ngasih kuliah,,, (^0^)>

    ReplyDelete
  27. Wah jangan lupa, kalo musim hujan begini kasihan yang punya sepatu cuma satu atau dua. Kalo sepatu basah, repot tuh... :(

    ReplyDelete
  28. untung bukan anak kos -___-"
    mampir ke blog ku yaa

    ReplyDelete
  29. kisah anak kost hehehehe ane numpang nyoret ya gan,,

    ReplyDelete
  30. jd inget pernah kost jg :;)

    ReplyDelete
  31. join my blog.q yagh.....
    http://lhiviaplanet.blogspot.com
    di follow juga yah....

    ReplyDelete
  32. bro, untuk cerita ini pingin gw buat film2 indie iseng gw, mohon ijin y? blog lu tetap gw cantumin meski ide kreatif lain dari gue sebagai penambahan. Thanks (malda_lias@yahoo.com)

    ReplyDelete
  33. poin nomer tiga itu bahkan kaya tiap hari gue lakuin tapi tetep aja gue sekolah

    ReplyDelete
  34. mas bro, nomer tiga itu lho mantappppppp abis

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK