Skip to main content

Tiga Tahun Berasa Kayak Tiga Abad

Dulu waktu dinyatakan lulus SD dan masuk ke SLTP N 17 Palembang gue seneng banget. Walaupun jujur sih gue lebih seneng masuk ke SLTP N 18 soalnya temen-temen sekelas gue pada masuk disana. Secara moral gue sedikit terangkat masuk ke SLTP N 17, soalnya saat itu, gue singkat aja SLTP jadi SMP, derajat SMP 17 lebih tinggi dari SMP 18 yang terkenal sekolah nakal. Otomatis hal itu buat gue jadi merasa paling oke di kelas gue dulu dan gue bangga akan itu. Tapi makin hari gue makin sadar kalo anak yang masuk ke SMP 17 adalah anak yang paling pinter kalo gak yang paling culun, cupu, belesek atau apalah itu namanya. Gue jelas dikategorikan sebagai yang paling culun.

Masuk ke SMP 17 pada saat itu identik dengan Bu' Ijah. Seorang guru matematika yang sangat sesepuh yang mampu menciptakan suasana menyeramkan bagi seorang siswa baru. Sorot matanya tajam, rambutnya ubanan, kulitnya keriput, persis kayak Rayden, tokoh di mortal kombat, bedanya Bu' Ijah cewek. Guru yang satu ini juga banyak meninggalkan citra pahit bagi para senior dan lulusan SMP 17 karena hukuman dari nih guru sangat teramat menyakitkan batin dan fisik. Kami para siswa baru diperingatkan untuk berhati-hati kepada guru yang satu ini.  

"Bu' Ijah itu pernah ngehajar muridnya pake kemoceng ampe biru-biru."

"Bu Ijah itu pernah menghukum muridnya dengan ngebenturin kepala muridnya itu ke papan tulis. Besoknya tuh anak koma."

Pokoknya gak ada satu pun kakak kelas yang ngomongnya ademan dikit kalo lagi bicara'in Bu' Ijah. Celakanya tuh guru jadi wali kelas gue di kelas dua dan tiga. Gue merasa hidup gue di sekolah kayak di lempar ke laut terus dimakan ikan hiu dan gue berakhir jadi tai' hiu yang melebur dengan air, sangat menyedihkan. Tapi gue tetep positif thinking aja, gue selalu nurutin apa aja yang beliau selalu perintah ke murid-murid lainnya. Tapi sayangnya, gue pernah sekali kena pemotongan rambut masal oleh Bu' Ijah. Ya, rambut gue pada saat itu udah panjang banget. Akhirnya kami para siswa berambut panjang digiring ke depan kelas. Bu' Ijah yang udah bawa gunting di tangannya itu udah gatel pengen berkreasi. Gue takut banget rambut gue dibotakin. Mending kalo muka gue kayak Alex Pettyfer di film beastly yang walaupun dibotakin tetep keliatan kece, lah ini, dah muka culun, bulet, ada juga ntar kalo dibotakin muka gue kayak bakpao terus orang bakal kaget kalo liat gue jalan karena dikirain ada bakpao yang bisa jalan. Gak lama kemudian Bu' Ijah akhirnya menghempaskan keheningan dengan berkata: "Kalian ini! Minggu kemarin kan kalian sudah saya bilang potong rambut tapi gak potong rambut juga! Sekarang saya yang potong rambut kalian!"

JEBREEEEET!!!

Sumpah, potongan rambut yang dieksekusi oleh Bu' Ijah gak banget. Rambut gue dibikin kayak Tukul. Tapi setidaknya bayangan gue yang bakal dibotakin gak terwujud dan pikiran gue tentang bakpao berjalan gak jadi kenyataan. Untungnya itu satu-satunya hukuman yang gue terima dari Bu' Ijah.

Di setiap sekolah pasti ada murid penurut sama guru ada juga yang gak. Salah satu anak yang gak nurut alias nakal itu namanya Yosef, badannya terbilang pendek, idungnya mancung terus rambutnya di jigrak-jigrak alay. Yosef juga membuat masa SMP gue "berdarah-darah". Gue jadi lahan tambang emas yang bagus bagi Yosef, gue selalu jadi target utama pemalakan Yosef. Jujur bukan Yosef-nya yang gue takutin, tapi temen-temennya. Kenalan dia pas kelas satu adalah kakak kelas yang nakal dan gaul abis semua, hobi berantem lagi, sedangkan temen-temen gue gak kalah culunnya dari gue. Pas kelas dua Yosef kenalannya kakak kelas tiga semua trus dia rekrut adik kelas yang serem-serem, sedangkan gue temenan sama adek-adek kelas yang unyu-unyu. Kelas tiga makin parah, Yosef makin meraja karena jadi kakak kelas, sementara temen-temen gue biasa, muka lepas semua alias tampang lempeng dan pasrah.  

Sebenernya bukan Yosef aja anak yang buat masa SMP gue suram. Masih ada Reno sama Chacha. Bedanya mereka gak terlalu parah. Reno anak yang paling nyebelin, anaknya tinggi gede' terus kepalanya botak. Tuh anak waktu kelas satu jadi ketua kelas gue. Sumpah, dibawah kepemimpinan Reno kelas jadi gak karu-karuan. Reno juga sering banget nyontek sama gue. Setiap mau ulangan tuh anak selalu ngancem gue gini:

"Awas lo kalo gak contekin gue! Gue bikin remuk badan lo, gue congkel mata lo!"
Ngilu gak tuh.   

Ngebayangin badan mau diremukin aja gue merinding disko, di tambah lagi mata gue mau dicongkel, bisa-bisa gue jadi arwah penasaran terus gangguin orang-orang sambil ngomong,"dimana mata gue, cariin dong," benar-benar mengerikan. Pernah waktu itu pas ulangan gue gak ngasih jawaban yang bener ke tuh anak. Reno kayak biasanya ngasih secarik kertas ke gue minta gue nulis jawabannya di kertas itu.

"Nomor satu sampe lima, cepet lo, kalo gak gue gorok!" bisik Reno ke gue sambil ngasih kertasnya.

Gue yang entah kenapa di hari itu gak mau tertindas lagi bergumam dalem hati,"Inilah saatnya, gue gak mau ditindas lagi. Ini negara demokrasi man," akhirnya gue sukses nulis jawaban yang salahnya yang harus membuat Reno gigit jari. Besoknya hasil ulangan diumumin. Reno kaget abis pas liat nilainya.

"Kampret! Tiga puluh! Apaan nih! Wah lo gak bener lo Feb! Gue gigit lo!"

Gue ngacir ke WC.
Sebagai tanda damai gue traktir Reno gorengan dan tuh anak mulai adem.  

"Nah gitu dong, setiap hari harusnya lo traktir gue gini. Bu', es teh manisnya satu! Feby yang bayar!"

"Loh Ren, bukannya perjanjiannya cuma gorengan?"

"Diem aja lo kalo tetep pengen kaki lo utuh sepasang!"

Yah, baru aja gue mau damai udah dijatuhin lagi, di depan anak-anak kelas lain lagi, reputasi gue pada saat itu juga makin runtuh dan gue makin gak populer. Tapi dibalik semua sifat negatifnya itu Reno termasuk anak yang care sama gue. Ada saat tuh anak enak di ajak ngomong ada saat tuh anak pengen gue blender. Makin hari gue makin tau gimana sifat Reno. Gue juga gak keberatan kalo gue traktir dia makan gorengan, pokoknya gak lebih dari seribu lima ratus.

Sebelum membicarakan Yosef lagi, gue mau ngomongin tentang Chacha dulu. Chacha orangnya jauh lebih ganteng dari Reno, kulitnya lumayan putih, dia juga anak band saat itu, tapi sayang banget dandanannya kayak gay sedikit ngondek gitu, tapi gue akuin dia lebih gaul dari gue. Gue sama tuh anak sekelas pas kelas dua aja. Beda sama Yosef, motif pemalakan yang dilakukan Chacha ini ke gue lebih halus. Kalo Yosef minta duit ke gue dengan muka "sok sangar", kalo Chacha minta duit ke gue dengan modus muka memelas.

"Feb, gini, gue tuh kemarin kecopetan, jadi dompet gue dicopet."

"Terus?"

"Terus ya copet itu ya nyopet dompet gue."

"Maksudnya??"

"Nah di dompet gue itu ada duit gue."

"Lalu???"

"Nah jadinya gue gak ada duit deh sekarang."

"Hubungannya sama gue?"

"Gue mau minta duit lo, tiga ribu aja deh buat makan gorengan sama minum air putih. Lo kasian kan sama gue?"

"Sebenernya sih gak."

"Nah kalo lo gak mau ngasih duit ke gue ntar gue bonyokin muka lo."

"Oh iya gue kasian banget sama lo, gue peduli banget sama lo, semoga tuh copet dapet balesan dari Allah subhanna wata'ala. Nih duitnya, ambil aja kembaliannya."

"Makacih Feby.. Mau di cipok gak?"

"Gak usah!"

Halus banget kan? Muka memelas Chacha itu selalu sukses membuat gue terhipnotis. Chacha sama kayak Reno, dia anaknya care sama temen-temennya.

Nah sekarang gue akan membahas Yosef. Gue baru sekelas sama Yosef pas kelas tiga, tapi gue udah kenal dia sejak kelas satu. Pertemuan dan perkenalan kita terjadi di kantin. Gue waktu itu lagi asik-asik makan tiba-tiba tuh anak nyamperin gue.

"Makan apa nih kayaknya enak banget?!"

"Oh ini nih gorengan tempe."

"Owh, tadi gue liat dari luar dah habis enam lo gorengan."

"Ini yang ketujuh..."

"Beh mantap, enak banget ya pasti bro.."

"Enak banget."

"Kalo gitu gimana kalo lo traktir gue?"

"Siapa lo minta traktir?? Kenal juga kagak."

"Siapa gue??? Lo gak tau siapa gue?"

"Gak. Sama sekali gak."

"Oke gue kasih tau lo sekarang. Nama gue Yosef dan kalo lo gak mau punya banyak musuh disini, lo harus baik sama gue."

Ancaman Yosef itu bener-bener buat gue terintimidasi. Gue gak bisa tidur semaleman dan gue gak bisa boker dengan ekspresi biasanya. Semuanya berubah setelah pertemuan itu. Sejak saat itu gue tertekan secara batin. Gue ngerasa rumah adalah satu-satunya tempat berlindung yang aman bagi gue. Setiap ketemu Yosef selalu aja gue dimintain duit. Kalo gak gue bakal makin tertindas sama kakak kelas kenalannya Yosef.

Tempat Yosef sama temen-temennya mangkal selalu di kantin dan gue gak bisa ngindar dari tuh anak dengan mudah. Sempet kepikiran gue bawa rok sama wig buat nyamar jadi cewek ke kantin, tapi gue takut Yosef malah naksir sama gue terus minta nomor telpon terus ngajak gue ngedate. Akhirnya gue lebih memutuskan untuk ngasih duit aja ke Yosef daripada harus ngedate sama Yosef. Celakanya, bukan Yosef aja yang mintain gue duit, ternyata temen-temennya yang kakak kelas juga "cemburu" sama Yosef.

"Eh lo si muka culun, sini lo," salah satu temen Yosef manggil gue.

"Iya bang, ada apa ya bang?"

"Jangan Yosef aja donk yang lo kasih, kita juga donk!"

"Gak ada lagi bang, nih tinggal buat balik."

"Nah itu yang lo selip di kaos kaki apa tuh? Masih keliatan tuh, lo kira gue buta."

"Wah abang hebat nih bisa ngeliat duitnya, padahal gak keliatan lo bang sebenernya dari luar."

"Gue cuma nebak, soalnya gue juga ngelakuin hal itu waktu dipalak kakak kelas gue."

Hening.

Ternyata pemalakan yang dilakuin kakak kelas adalah bentuk "balas dendam" atas masa lalunya yang juga pernah dipalak. Tradisi itu secara tidak resmi telah turun menurun. Sayangnya gue gak pernah merasakan duit hasil memalak dari adik kelas gue. Ada juga anak yang gue palak ntar bakal memalak balik gue. Dari kelas satu sampe kelas tiga SMP hidup gue bener-bener disesaki awan hitam. Gue kayak burung dalam sangkar terus sangkarnya sangkar besi. Bisa dibilang satu tahun di sekolah itu tuh sama dengan satu abad bagi gue, lama dan menyiksa batin. 

****

Sebenernya Yosef juga orangnya setia kawan, tapi sayang, gak kayak gue sama Reno dan gue ke Chacha, gue sama Yosef gak pernah klop. Tapi dibalik semua itu gue  pernah ngerasain sisi "romantis" Yosef. Saat itu kita semua udah pasti lulus dan gue masuk ke SMA idaman gue, SMA N 1 Palembang yang biasa dipanggil smansa. Gue sama Yosef duduk di bangku kayu yang panjang deket kantin.

"Lo masuk SMA mana Feb?"

"Tuh tetangga kita, smansa, lo dimana?"

"Gue? Rahasia donk, pokoknya gue bukan disana. Gue makasih banyak sama lo selama ini dah baik sama gue. Terus gue mau minta maaf kalo ada salah sama lo."

Dalem hati sih gue mau ngomong gini: "Sialan lo Sef, tiga tahun ini lo dah buat masa SMP gue gak menyenangkan! Gue pengen masukin kepala lo ke lobang toilet sekarang!" 

Tapi gue gak mau ngerusak suasana romantis ini.

"Iya Sef, gue juga minta maaf sama lo kalo ada salah."

"Oh iya Feb, ntar gue sekali-sekali pasti ngunjungin lo di smansa."

Gue terharu banget.

"Lo mau ngunjungin gue Sef? Buat apa?"

"Biasa, buat minta duit sama lo lagi."
 
Yosef pegang pundak gue.
Dan penderitaan gue secara resmi ternyata belum berakhir.  

Comments

  1. HAhahhaa, ceritanya ngakak abis,,, Ngenes amat nasibnya bang...
    Sekarang kuliah???

    ReplyDelete
  2. @Just Nanda: Iya sob, makasih yaw dah mau komentar dimari.. :)

    ReplyDelete
  3. Saya penasaran, bu ijah tuh galak begitu sampe nganiaya muridnya, trus ortu muridnya gimana?
    Wkt SMP jg ada guru sy yg kayak gt, dia pernah ngehajar muridnya, ngedudut pake rokok, trus akhirnya dia masuk koran karna ortu muridnya gak terima.

    ReplyDelete
  4. Wadudududu....sungguh Kisah yg MEMPRIHATINKAN Sob!!!
    ^_^
    Kok sebegitu Parahnya siy???
    Hwehehehe...
    KEEP SPIRIT & SMILE Friend!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK